Artikel Perubahan Sosial


Android. Lawan atau Kawan?
Rini Ambar Prastiwi
14210141032
Bahasa dan Sastra Indonesia A, FBS, UNY
Abstrak
            Teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang. Manusia terus bersaing menciptakan teknologi baru untuk membantu kehidupan manusia. Android merupakan salah satu produk dari perkembangan teknologi. Dengan android, informasi semakin mudah didapatkan meskipun terbentang jarak dan waktu. Hal inilah yang menyebabkan manusia semakin kecanduan akan teknologi yang sangat memudahkan pekerjaan. Sekarang ini, tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, pekerjaan yang kita kehendaki dapat terlaksana. Mengirim email misalnya. Dulu sebelum ada Android, mengirim email harus melalui komputer atau laptop, namun sekarang dapat mengirim email dengan mudah menggunakan Android.
            Kemajuan teknologi memberikan dampak yang luar biasa pada kehidupan manusia. Tidak hanya dampak pada kebudayaan saja, namun juga pada nilai-nilai yang ada di masyarakat. Apalagi pada masyarakat dengan budaya ketimuran seperti Indonesia, dampak teknologi sangat jelas terlihat. Adat ketimuran yang dianut Indonesia, sekarang mulai luntur dan diganti dengan adat bangsa barat. Perubahan budaya ini akan sangat mempengaruhi generasi penerus bangsa. Jika tidak ada pemilahan budaya dan hanya asal mengambil budaya orang barat, niscaya Indonesia akan semakin mengalami kemunduran.
            Dampak positif dan negatif selalu menyertai dalam setiap perubahan yang ada. Seperti yang telah diuraikan di atas. Itu merupakan sedikit gambaran tentang pengaruh android dalam kehidupan masyarakat. Masih banyak dampak-dampak lain akibat adanya android yang semakin merebak tanpa memperhatikan jenis kelamin, status, maupun umur. Namun, semua itu, kembali pada individu masing-masing. Bagaimana setiap individu menyikapi teknologi ini, itulah yang terpenting. Setiap tindakan harus kita perhitungkan manfaat dan mudaratnya, agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengantar
            Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia akan hampa tanpa adanya komunikasi. Karena tanpa komunikasi, interaksi antarmanusia, baik secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi tidak mungkin dapat terjadi. Untuk itu dibutuhkan teknologi informasi yang dapat memudahkan hubungan komunikasi antarmanusia. Android diciptakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi manusia. Harga Android yang bervariasi menjadikannya dapat dipakai oleh semua kalangan. Jadi, tidak heran jika saat sekarang ini, hampir semua orang memakai Android tanpa mengenal gender, status, maupun umur. 
Teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan, menggingat manusia merupakan makhluk sosial dan sangat membutuhkan komunikasi dengan orang lain. Android diciptakan untuk memudahkan komunikasi antarindividu yang berada pada tempat yang berbeda. Banyak alasan yang mendorong masyarakat memakai android, salah satunya karena banyak orang yang membutuhkan aktifitas online dan mobile sepanjang waktu. Salah satu kelebihan Android yang paling mencolok adalah dapat menunjang aktifitas internet. Meskipun ponsel lain seperti iPhone, Blackberry dan WM bisa melakukan hal yang sama, namun masyarakat lebih merasakan manfaat yang optimal dari ponsel Android.
            Android merupakan alat komunikasi yang paling lengkap pada saat ini. Dengan segala aplikasi dan fitur yang disediakan, membuat kita tertarik untuk memakai Android. Namun hal ini pula yang membuat masyarakat semakin jarang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan lebih asyik dengan aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh Android. Hal ini yang menyebabkan perubahan-perubahan budaya dalam masyarakat sekarang ini. Interaksi yang seharusnya dilakukan secara langsung, kini telah berganti via media sosial. Dampak yang ditimbulkan sangat mempengaruhi pola kehidupan masyarakat.
                       

Pembahasan
            Saat ini, jutaan anak dan remaja masuk era digital. Hal ini dapat terlihat dari ramainya media sosial dan juga penggunaan ponsel-ponsel dengan teknologi canggih, seperti Android. Android sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat yang paling umum sebagai alat komunikasi. Walaupun terpisahkan oleh jarak, kita dapat terhubung dengan orang-orang yang kita inginkan menggunakan alat ini. Tidak hanya dalam negeri saja, namun juga berhubungan dengan orang-orang luar negeri dengan menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Android. Selain itu banyak manfaat lain yang bisa kita dapat, seperti: memudahkan urusan bisnis, mendapatkan informasi dengan cepat, melakukan transaksi dengan instant, juga dapat menumbuhkembangkan kreatifitas anak.
            Dalam setiap perubahan, pasti ada akibat yang mengiringinya. Salah satunya, yaitu perubahan budaya. Indonesia yang menganut adat ketimuran kini telah beralih menuju adat yang kebarat-baratan (westernisasi). Android merupakan salah satu faktor pendorong perubahan sosial ini. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari perubahan sosial ini adalah modernisasi. Modernisasi merupakan transformasi masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Perubahan yang diakibatkan dari Android dapat kita golongkan ke dalam perubahan yang besar. Karena perubahan ini dirasakan oleh banyak manusia. Selain itu, adanya Android telah mengubah pola kehidupan masyarakat.
Dulu sebelum ada Android, transaksi Bank harus dilakukan melalui Bank atau melalui mesin ATM, namun sekarang tidak lagi. Aktifitas perbankan, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Transfer uang atau membayar tagihan-tagihan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ada di Android. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap sikap dan kebudayaan masyarakat. Saat aktifitas perbankan masih dilakukan melalui Bank, secara tidak langsung mengajari individu untuk mengantre. Namun, ketika dunia perbankan sudah bisa dilakukan secara online menggunakan Android, budaya antre itu mulai luntur. Orang zaman sekarang, kebanyakan tidak sabar apabila harus mengantri, karena mereka terbiasa melakukan apapun secara instant. Padahal, mengantre merupakan salah satu budaya timur yang dianut masyarakat Indonesia.  
Interaksi secara langsung kini mulai luntur dari kehidupan masyarakat karena mereka lebih asyik dengan Android. Sehingga, sosialisasi yang seharusnya didapatkan individu dari lingkungan masyarakatnya, kini tidak mereka dapatkan. Anak-anak muda sekarang ini mulai mengalami kesulitan bergaul dengan masyarakat sekitar karena kurangnya interaksi. Budaya gotong-royong secara tidak langsung mulai punah. Rasa kekeluargaan antar penduduk pun kini mulai terkikis.
Kebudayaan-kebudayaan di Indonesia mulai tertindih dengan budaya barat. Upacara-upacara adat sekarang ini jarang ditemukan karena masyarakat mulai berubah ke masyarakat modern. Mereka mulai acuh terhadap lingkungan sekitar, terkadang mereka sampai tidak kenal dengan tetangga sendiri. Hal ini menunjukkan kurangnya interaksi antar individu. Mereka telah larut dalam teknologi, salah satunya Android, dengan segala layanan dan aplikasi yang disediakan. Media sosial, fasilitas internet, hingga game yang membuat anak-anak bahkan remaja enggan melepas Android mereka.
Fasilitas yang disediakan Android dapat menyebabkan perubahan kebudayaan yang dapat kita lihat dari cara berkomunikasi yang dulunya dilakukan secara langsung telah berganti menggunakan media sosial. Cara berpakaian yang dulunya masih memperhatikan kebudayaan ketimuran telah berubah condong ke budaya barat, karena fasilitas internet yang memudahkan individu mengetahui mode pakaian yang sedang berkembang. Gaya hidup boros karena adanya online shop. Pola kehidupan yang tadinya dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Hilangnya permainan tradisional karena begitu banyak game yang dapat dimainkan menggunakan Android. Dan yang tidak kalah penting adalah penggunaan bahasa daerah yang semakin pudar akibat kurangnya interaksi dengan masyarakat sekitar.
Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa perubahan yang diakibatkan oleh Android tergolong perubahan evolusi. Secara bertahap, Android masuk dalam kehidupan masyarakat dan akhirnya akan menjadi hal yang biasa dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu, dampak-dampak yang ditimbulkan juga ikut masuk dalam masyarakat yang dalam perkembangannya akan membuat perubahan sosial dalam masyarakat. Perubahan yang diakibatkan Android merupakan perubahan yang tidak direncanakan. Perubahan ini terjadi dengan sendirinya seirang berkembangan teknologi komunikasi. Android hanya merupakan sebuah alat komunikasi yang membawa perubahan secara tidak sengaja.

Kesimpulan
                        Manusia selama hidupnya pasti mengalami perubahan-perubahan dalam bidang apapun. Perubahan dapat berupa perubahan yang mengarah pada hal yang positif dan ada juga perubahan yang mengarah pada hal yang negatif. Perubahan-perubahan dalam masyarakat dapat berupa perubahan nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola perilaku, interaksi sosial dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam perubahan sosial budaya yang di alami masyarakat. Android merupakan wujud nyata dari sebuah perkembangan teknologi informasi yang membawa perubahan dalam masyarakat.
            Android merupakan suatu alat yang sangat membantu dalam kehidupan kita. Sangat banyak manfaat dan kegunaan alat ini yang dapat kita nikmati. Semua yang kita butuhkan telah tersedia dalam Android. Apalagi dalam hal informasi dan komunikasi. Dalam kehidupan kita tentunya membutuhkan berkomunikasi dengan orang lain, karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Android dapat menghubungkan kita dengan orang lain meski terpisahkan jarak. Sehingga, kita dapat berkomunikasi dengan mudah.
            Meski Android menyediakan berbagai kemudahan, namun dalam penggunaannya, kita juga harus memikirkan akibat-akibat negatif yang dapat ditimbulkan, seperti rasa malas, kurangnya interaksi dengan dunia luar secara langsung, gaya hidup boros dan lain sebagainya. Dalam lingkup yang lebih luas, Android dapat membawa perubahan budaya secara nasional. Untuk itu, kita perlu memikirkan ulang apa sesungguhnya fungsi dan kegunaan Android. Hal tersebut dimaksudkan agar kita tidak terkena dampak negatif yang diakibatkan alat komunikasi ini.
           
Daftar Pustaka


1 komentar:

Unknown mengatakan...

LegendaQQ.Net

Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
Min Depo 20Rb !!!
Kartu Para Sang LEGENDA !!!
WinRate Tertinggi !!!


Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online

Fasilitas BANK yang di sediakan :

- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon

Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

Contact Us :
+ live chat : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9

Posting Komentar

Copyright 2009 Pokem's Blog. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates