Dua Dunia


Dua Dunia
(Nh.Dini)
            Kumpulan cerpen yang ditulis oleh Nh.Dini ini terdiri dari tujuh cerpen. Cerpen-cerpen yang ada pada antologi ini mengusung tema yang hampir sama, yaitu tentang pertentangan batin. Konflik yang disajikan tentang pemenuhan kebutuhan primer. Tokoh-tokoh yang diceritakan kebanyakan kalangan bawah. Nh.Dini menceritakan bagaimana kalangan bawah berusaha keras untuk bertahan hidup dalam kerasnya dunia. Seperti pada cerpen “Liar”. Dalam cerpen tersebut diceritakan seorang anak berandal bernama Irka. Ia menjadi seorang berandal dan mencuri hanya untuk membantu keluarganya yang ada di desa. Cerpen ini menjelaskan bagaimana kerasnya hidup berandalan dan bagaimana sesungguhnya batin seorang berandal yang masih mempunyai rasa sayang kepada keluarganya.
            Bagaimana susahnya kehidupan kelas bawah juga diceritakan dalam cerpen “Kelahiran”. Dalam cerpen tersebut digambarkan bagaimana seorang perempuan yang sedang hamil harus menanggung beratnya hidup kekurangan, karena suaminya yang tidak mempunyai pekerjaan. Rumah mereka hanya dari kardus dan berada di pinggir sungai. Padahal hal itu tidak baik bagi ibu hamil. Kerasnya hidup sangat terasa dalam cerpen ini. Namun, dalam kerasnya kehidupan masih ada secuil rasa kekeluargaan yang ditunjukkan tetengga yang datang saat melahirkan.
            Dalam ketujuh cerpen ini kebanyakan tokoh yang diceritakan berasal dari desa. Seperti pada cerpen Warung Bu Sally, Liar, Perempuan Warung, Pendurhaka, dan Kelahiran. Tokoh yang ada pada cerpen-cerpen tersebut datang ke kota untuk mengadu nasib. Namun, tidak semua usaha itu berhasil. Tokoh yang ada pada cerpen “Warung Bu Sally” berhasil mendapat tempat di kota. Namun, ia juga tidak menjadi orang kaya raya. Dalam cerpen yang lain, tokohnya gagal hidup berkecukupan di kota. Mereka malah mendapat penderitaan yang tak pernah mereka bayangkan, seperti pada cerpen Liar, Perempuan Warung, dan Kelahiran.

            Secara keseluruhan, kumpulan cerpen ini menceritakan bagaimna kehidupan dari sudut pandang lain. Dalam setiap cerpen, terdapat pesan moral yang dapat kita pakai untuk menjalani kehidupan kita lebih baik lagi. Nh.Dini bermaksud menuntun kita untuk lebih bersyukur dengan kehidupan yang kita miliki.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Pokem's Blog. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates